Sri mulyani

Guru Biologi SMAN 1 Kaliwungu Kab Kendal, berupaya selalu setia pada yang baik dan membaikkan kita...

Selengkapnya
Belajar Menyenangkan Biologi melalui Drama
Pementasan drama pendek XI IPA1 SMAN 1 Kaliwungu tentang sistem imun

Belajar Menyenangkan Biologi melalui Drama

Belajar yang menyenangkan merupakan salah satu kondisi belajar yang diharapkan oleh para peserta didik. Untuk itu peran guru sebagai fasilitator seharusnya mampu memfasilitasi kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan bagi peserta didiknya. Seperti yang dilakukan oleh peserta didik di SMAN 1 Kaliwungu yaitu belajar biologi sambil bermain drama.

Dengan bermain drama, para peserta didik tidak hanya belajar materi biologi saja tetapi juga belajar bagaimana menyusun skenario yang baik sesuai konsep materi dan belajar bekerja sama dalam tim work. Pemahaman materi yang mereka perankan pada drama tentu akan lebih mendalam daripada hanya sekedar menggunakan metode ceramah di dalam kelas. Mereka juga nampak lebih rileks, senang dan bangga memainkan perannya masing-masing.

Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah memahami dan menguasai materi, sehingga hasil belajar tentang materi ini pun akan dapat meningkat. Berdasarkan hasil evaluasi penggunaan metode ceramah pada tahap awal dan pementasan drama pada tahap selanjutnya, diperoleh data perbedaan yang signifikan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik masih banyak yang belum mencapai ketuntasan sedangkan setelah menerapkan pementasan drama lebih dari 85% peserta didik telah mencapai ketuntasan. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa belajar biologi dengan pementasan drama lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar.

https://www.youtube.com/watch?v=opqWWJe1xl4&feature=share
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali